Koordinasi Tur Kakao Dari K (18-24 Agustus 2018)

Saya berpartisipasi Tur ini ke Polewali, Sulawesi Barat, Indonesia, dengan sekitar 30 peserta. Sebagian besar dari mereka adalah pecinta cokelat di Jepang dan datang ke Indonesia untuk pertama kalinya. Mereka belajar banyak hal tentang kakao dari penanaman, fermentasi, pengeringan, dan pemrosesannya.

Mereka langsung bertemu petani kakao dan memberikan apresiasi yang tulus dan ucapan terima kasih karena tidak ada cokelat yang lezat tanpa upaya petani kakao. Di sisi lain, petani kakao sangat senang bertemu dengan mereka dari Jepang dan tambah semangat untuk menghasilkan kakao fermentasi yang bermutu.

Peserta juga membuat coklat dari biji kakao dengan para murid SD. Beberapa orang tuanya adalah petani kakao. Ini adalah pertama kalinya bagi peserta orang Jepang dan murid SD setempat dan baru memahami proses pembuatan coklat dari biji kakao.

Saya berharap interaksi semacam ini antara produsen dan konsumen akan membuat hubungan baru dalam proses produksi produk dengan rasa saling menghormati antara mereka.


コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください