Alasan Kesulitan Visa Tokutei Ginou

Kepada teman-teman ex-Kenshusei dari Indonesia,

Saat ini ada WA dari teman-teman anda tentang visa Tokutei Ginou di Jepang. Saya menduga anda-anda sulit mencari kerja di Indonesia maka ada harapan mau lagi ke Jepang. Saya perlu menjelaskan tentang keadaan Jepang saat ini.

Pertama, dalam keadaan Covid-19 saat ini, ekonomi Jepang mengalami penurunan pertumbuhan. Ekonominya lesu. Banyak perusahaan menurunkan kegiatan usaha dan terpaksa PHK kepada karyawan. Banyak Kenshusei juga mengalami di-PHK-kan karena tidak ada pesanan dan kerja. Dengan demikian, saat ini sulit mencari kebutuhan pekerja Tokutei Ginou di Jepang.

Kedua, saat ini pemerintah Jepang belum mengizinkan orang Inodonesia masuk ke Jepang kecuali status resident. Meski resident masuk ke Jepang, dia terpaksa dikarantinakan minimum selama dua minggu di tempat yang ditentukan oleh pemerintah Jepang. Maka, visa Tokutei Ginou tidak mungkin keluar dari pemerintah Jepang saat ini. Sayang, banyak tempat pertanian di Jepang sulit produksi sayuran tanpa Kenshusei saat ini tapi tidak bisa menerima Kenshusei lagi.

Ketiga, meskipun tidak ada corona, perusahaan Jepang masih tetap memilih Kenshusei daripada Tokutei Ginou karena Kenshusei harus tetap terus di satu tempat selama dua-tiga tahun, sedangkan Tokutei Ginou membolehkan pekerja bisa pindah ke perusahaan lain. Selain itu, perusahaan Jepang memilih yang muda daripada yang tua.

Dengan demikian, mohon memahami bahwa Jepang juga menghadapi situasi yang ekonominya sangat buruk. Memang sulit mencari kerja di Indonesia. Tapi Jepang juga demikian. Saya memohon teman-teman memahaminya dan tetap berupaya bertahan sampai situasinya pulih.

Terima kasih atas pemahamannya. Salam dari Tokyo.

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください