Kuliah Tamu di Universitas Hitotsubashi, Tokyo

Saya memberi kuliah tamu di mata kuliah “Teori Pembangunan Sosial B” di Universitas Hitotsubashi, Tokyo. Kebetulan saya lulusan universitas ini (S-1).

Tema kuliah saya ada dua topik seperti dibawah ini:

  • One Village One Product Movement (27 Mei & 3 Juni, 2020)
  • Katalisator dan Fasilitator (8 & 15 Juli, 2020)

Kuliah tamu kali ini bertujuan untuk audiensi pengalaman praktisi dalam konteks pembangunan sosial. Maka, saya menyampaikan pengalaman di Indonesia sebagai tenaga ahli JICA (penasihat pembangunan daerah Kawasan Timur Indonesia & Sulawesi) dan pengalaman pergaulan dengan masyarakat lokal di Indonesia dan Jepang, terutama mengfokus metode pendekatan dan komunikasi dengan masyarakat lokal di dalam program kerjasama internasional serta pemberdayaan masyarakat.

Sesuai permintaan dari pihak universitas, saya membuat video kuliah terlebih dahulu dengan menggunakan PowerPoint, lalu mahasiswa/i menyaksikan video tersebut dengan on demand. Kuliah tamu on demand ini memang merupakan pengalaman berharga untuk saya. Namun demikian, saya merasa sangat menyesal karena tidak bisa berdiskusi secara langsung bersama mahasiswa/i. Diskusi dan dialog dengan mahasiswa/i adalah alasan utama saya untuk menerima tawaran kuliah umum seperti ini. Semoga akan ada kesempatan lain.

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください