Mengikuti Grameen-Sunpower Social Business Startup Tour di Bangladesh

Pada tanggal 5-9 Mei 2019, kami berpartisipasi dalam Grameen-Sunpower Social Business Startup Tour, yang diselenggarakan oleh Sunpower Co. Ltd. dan Grameen Group, dan mengunjungi Bangladesh untuk pertama kalinya.

Tur ini adalah tur yang bertujuan untuk membuat pemicu UKM Jepang untuk memulai bisnis sosial di luar negeri. Sunpower Co. Ltd. telah memiliki usaha bisnis sosial, bisnis daur ualang ban bekas dan bengkel mobil, di Bangladesh bersama Grameen Group yang memiliki Grameen Bank yang terkenal di dunia dll.

Dalam kesempatan kali ini kami dapat mengunjungi banyak perusahaan di bawah Grameen Group dan lapangan situs aktivitasnya dalam jangka waktu yang singkat. Ini menjadi kesempatan berharga buat kami untuk berpikir ulang tentang arahan kegiatan kami terkait bisnis sosial masa akan datang.

Karena Bangladesh yang memiliki jumlah penduduk hampir 200 juta orang, ada alasan mengapa membutuhkan bisnis sosial. Namun, metode dan esensi bisnis sosial ini kiranya dapat dipergunakan di Jepang saat ini.

Juga, itu juga kesempatan untuk mempertimbangkan kembali peran komunitas dalam bisnis sosial. Kami juga belajar bagaimana menfasilitasi bisnis komunitas di Jepang, Indonesia, dan tempat lain di dunia. Kiatnya, harus mapan dulu sebagai bisnis sebelum mendorong bisnis sosial.

Dan sangat untungnya, kami dapat bertemu Dr. Muhammad Yunus, pendiri Grameen Bank, meskipun dalam waktu yang singkat. Kami benar-benar mengingatkan diri apa yang disampaikan oleh Dr. Yunus, yaitu, begitu pentingnya berpikir dari realita lapangan untuk menangkap masalah sosial yang perlu dipecahkan, dan mimpi dan keyakinan terhadap masa depan yang lebih baik untuk manusia.

Kami ingin berterima kasih kepada Sunpower Co. Ltd. dan Grameen Group untuk menyelenggarakan kesempatan seperti itu. Jika memungkinkan, kami berharap hubungan kita akan terus berlanjut dan menciptakan sesuatu yang baru bersama pada masa akan datang.

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください