[Indonesia Campur] Lebih Banyak Penyampaian dengan bahasa Indonesia

Tahun 2021 ini, saya menyatakan lebih banyak menyampaikan informasi, cerita, pendapat dan dialog dengan bahasa Indonesia. Ini ada dua poin, yaitu, penyampaian informasi tentang Jepang dengan bahasa Indonesia, dan penyampaian pendapat/opini tentang Indonesia dengan bahasa Indonesia.

Poin pertama. Saya mencoba menyampaikan informasi tentang Jepang dengan bahasa Indonesia kepada masyarakat Indonesia.

Memang saat ini ada berita atau info terutama wisata Jepang oleh teman-teman orang Indonesia yang jalan-jalan ke Jepang atau yang bermukim di Jepang. Namun, sayang sekali, yang bersumber dari orang Jepang masih sangat minim.

Sebagai seorang Jepang, saya mencoba menyampaikan info dan cerita tentang Jepang dari kacamata orang Jepang. Selain obyek wisata populer atau imej modern kota-kota Jepang, masih banyak cerita orang-orang atau masyarakat lokal di Jepang yang tersembunyi. Budaya Jepang bukan satu saja. Seperti di Indonesia, budaya lokal Jepang beranekaragam. Saya ingin fokus ke lokal-lokal di Jepang dan menggali cerita yang hampir dilupakan oleh orang Jepang sendiri juga. Dengan ini, saya mengharapkan penyampaian saya akan membantu memperdalam pemahaman tentang Jepang oleh teman-teman di Indonesia.

Poin kedua. Saya mau menyampaikan pendapat dan opini saya tentang Indonesia. Saya yakin tidak ada pertaturan yang mana orang non-Indonesia tidak boleh berpendapat atau beropini tentang Indonesia. Saya sudah bergaul dengan Indonesia selama 36 tahun. Saya memiliki banya utang budi terhadap Indonesia dalam arti yang luas dan dalam. Namun, saya belum membalas apa-apa yang berarti terhadap Indonesia.

Saya punya banyak harapan dan pengimbauan untuk Indonesia masa depan. Saya ingin menyampaikan pendapat/opini saya bukan untuk menjelekkan Indonesia tetapi sebaliknya. Mungkin saya bisa mengritik apa yang dilakukan oleh Indonesia tapi itu bukan untuk menjelekkan Indonesia.

Oleh karena itu, saya menyampaikan berbagai usulan, pendapat, opini atau solusi menurut saya. Semuanya untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Mungkin usulan/pendapat/opini saya bisa saja belum tentu didengar atau ditanggapi sama sekali oleh masyarakat Indonesia.

Tetapi saya tetap melanjutkan terus-menerus. Saya independen. Tidak ada unsur apa-apa di belakang saya. Tidak punya kepentingan pribadi atau instansi tertentu. Saya perorangan. Bukan untuk cari uang. Semuanya untuk berkontribusi masa depan yang lebih baik daripada sekarang.

Maka, saya sangat senang jika ada respon dan komentar terhadap usulan/pendapat/opini saya yang disampaikan.

Cara penyampaian saya akan dicoba lewat tulisan, online, youtube dan lain-lainnya. Misalnya satu contoh, sebentar lagi, rencananya saya akan berusaha mendirikan suatu Forum Indonesianis Orang Asing yang menyampaikan karya studinya di dalam bahasa Indonesia untuk mengembalikan hasil-hasil riset mereka yang ambil dari Indonesia ke Indonesia.

Satu hal lagi. Saya lebih fokus ke lokal. Menghormati kehidupan masyrakat lokal, kerifan lokal, ajaran/budaya/cerita lokal dari generasi ke generasi, sejarah lokal, ekonomi lokal. Banyak tantangan dan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat lokal Indoensia ternyata tidak jauh berbeda dengan yang dihadapi oleh masyarakat lokal Jepang. Juga yang dihadapi oleh masyarakat lokal dimana-mana di dunia. Kehormatan dan respek tehadap generasi tua atau turun-temurun, terhadap masyarakat lokal lain, atau dengan kata lain daya imajinasi terhadap yang lain merupakan kunci untuk mengembangkan masyarakat dunia masa depan.

Kali ini sampai disini dulu. Stay safe, teman-teman. Salam dari Tokyo.

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください